youtube

Monday, May 12, 2014

Pendakian Gunung Rinjani 3726mdpl

Puncak Gunung Rinjani 2014

Setelah rehat dan beristirahat sejenak, kita berunding lagi buat nyari transport ke Sembalu Lawang basecamp pendakian. Awalnya kita mau berangkat keesokan harinya, namun karena dikhawatirkan terlalu kesusu maka kita berangkat malem pada hari itu juga. Kita langsung nyari sewaan mobil buat ke Sembalun Lawang soalnya kalo naik avanza takut nggak kuat dan umpek-umpekan karena banyaknya muatan kita. Dan dapetlah satu mobil innova buat ke basecamp. Nego-nego akhirnya kita dapet harga Rp 490.000, - . Harga yang sangat murah karena perjalanan menuju Sembalun sangat jauh dan melalui medan yang sangat ekstrim yaitu tengah hutan taman nasional Gunung Rinjani. Bantingan Rp 70.000, - per orang jadi keitung lebih murah lagi.

30 April 2014 jam 6 sore. Kita langsung packing barang-barang bawaan, nitip barang yang nggak perlu dibawa, ngubungi porter dan nunggu jemputan mobil sewaan. Jam 7 pun kita sudah dijemput dan langsung nata carier dan barang bawaan ke dalam mobil. Innova buat tujuh orang lumayanlah nggak terlalu kesemutan, heheh.. Okey kita pun mulai jalan, kata pak sopirnya sih perjalanan bisa makan waktu tiga jam lebih jadi kalo perhitungan kasar kita baru nyampe basecamp Sembalun kurang lebih jam 10malam. Sepanjang perjalanan, yang kita temui banyak truk ekspedisi Nusa Tenggaraan. Beberapa hal yang aku suka dari truk ekspedisi yaitu sopan santun dan tata krama sopir mereka di jalan raya nggak kayak mobil pribadi. Mereka selalu memberikan kode-kode pada pengendara lain di jalan raya. Bagi yang nggak paham sih mungkin biasa aja, tapi bagiku hal itu membuatku kagum pada mereka =))

Tepat dengan perhitungan semula, kita lewat jalan ditengah hutan yang mencekam. Naik turun berkelok-kelok, dan sempat kami ketakutan karna mobil yang kita pake sempat mati mesin ketika melalui tanjakan curam, dan kata bapaknya tuh tanjakan banyak mobil yang nggak kuat, jam 10 kita nyampe rumah Bapak Suketi, porter yang akan menemani perjalanan kita. Kita bobok disana buat ngrecharge energi dan persiapan pendakian.

1 Mei 2014 jam 6 pagi, kita semua bangun minum kopi dan membersihkan diri di sungai. Dingiiiin yang luar biasa sangat terasa karna kita nggak pake jaket, hanya mengenakan kaos dan celana pendek. Gemeteran semua badan melawan dinginnya udara pagi. Tapi pas lihat begitu indah puncak Gunung Rinjani seolah menunggu untuk kita daki, gemeteran pun hilang :D.

Okey, abis itu kita persiapan, packing, sarapan dan belanja barang-barang yang kurang pun segera kita lakukan. Jam 9 kita mulai jalan menuju ke kantor pendataan pendaki. Beaya masuk pendakian Rp 5.000, - per orang per hari, jadi kalo diitung per orang kita abis Rp 15.000, - . Untuk mempersingkat waktu, kita mutusin buat naik pickup dan mulai ndaki dari Balaknao. Perjalanan mendaki lewat jalur ini lebih singkat 2jam daripada melalui jalur Sembalun Lawang namun harus naik pickup dulu buat nyampe jalur itu. Keluar duit lagi nih buat pickup, tapi gapapalah Rp 10.000, - per orang.

Nyampe di gerbang menuju jalur Balaknao, kita mampir warung dulu. Make sunblock, beli rokok dll lalu langsung cus. Perjalanan dari gerbang nyampe ke pos 1 sih katanya dua jam perjalanan dengan medan yang agak datar namun panas. Dan bener aja nih, datar meskipun beberapa naik tapi puanasnya nggak ketulungan. Mungkin gara-gara hutan disini modelnya hanya berupa padang rumput luas tanpa pepohonan (savana) jadi gada tempat buat berlindung dari terik matahari. Kita terus jalaaaan dengan sekali sekali istirahat di pinggir jalur. Sepanjang kita beristirahat kita pasti selalu diselip sama porter nih. Gileee, barang bawaan mereka berat banget dan cuma pake semacam galah yang ditaruh di pundak mereka tapi mereka jalan cepet buanget. Salut deh sama bapak bapak porter ini =)) Sepanjang perjalanan menuju pos 1 ini kita juga bisa nemuin banyak sapi (atau kebo ya?) milik warga yang diangon di lereng gunung. Katanya sih tuh ternak sebenarnya ada yang njagain, tapi nggak liat. Ohya pas tuh sapi makan rumput, suaranya keren coy kayak angklung. Dan tak liatin ternyata suaranya dari lonceng yang ada di lehernya :D Saran aja nih, ati-ati ya kalo lewat sepanjang jalan ini. Banyak ranjau darat yang siap menyerang kalo kita salah injak. Emang nggak sakit sih nginjek ni ranjau, tapi baunya lumayan ngeganggu kalo kita sampe nginjek ni ranjau. Ya, apalagi kalo bukan kotoran ternak yang tercecer cecer di jalan lah ranjaunya :D

Well, akhirnya emang bener kata mereka-mereka. Kita nyampe di pos 1 sekitar jam 11.20 (menurut timer jalan รจ Gatra). Pos 1 ini kita langsung lepas carier rehat sama minum sebelum melanjutin perjalanan yang kayaknya bakal tambah panas cos masih nglewatin savana yang luaaas banget. Dari pos 1 ini kita sebenernya dah bisa liat puncaknya rinjani, tapi pas aku nyampe disini pas berkabut puncaknya jadi nggak tahu dimana puncaknya.

Jam 11.30 kita lanjut jalan lagi lewatin savana lagi. Dengan trek yang masih agak landai tapi tipenya hampir sama dengan basecamp-pos 1. Beberapa menit setelah kita ninggalin pos 1, salah satu anggota kami mendadak kram di kakinya. Terpaksalah kita berenti sejenak buat ngobatin. Dan untung aja pas temenku ini kram, ada pendaki dari Malay yang sukarela mbantu ngobatin pake apa tuh nggak tau namanya yang jelas bikin kramnya cepet banget enakkan kata temenku.. dah, lanjut jalan lagii. Ohya, setelah melewati pos 1 ini aku bersyukur banget soalnya ada kabut. Emang sih kalo ada kabut jadi sering ujan dan bawaannya khawatir kalo tiba-tiba badai, tapi dengan kabut ini terik matahari jadi kealang jadi nggak begitu panas. Ada hikmahnya pokoknya sepanjang perjalanan ini. Nggak bisa mbayangin gimana panasnya kalo kita jalan pas nggak ada kabut, pasti kita bakal tambah lama jalannya dan butuh air banyak. Hehe..

Jalan-jalan-jalan terus jalan. Jam 12.15 kita dah nyampe pos 2. Agak cepet nih ternyata kita jalannya, mungkin karna nggak panas. Sampe di pos 2, Tengengan namanya ini kita langsung foto-foto terus istirahat. Kita bakal ketemu banyak pendaki asing di pos ini, kemarin sih malah hampir seratus persen orang asing selain porter -_- Di pos ini kebanyakan dari mereka mulai makan siang. Porter masakin masakan dan mereka tinggal nunggu jadi *enak banget*. Dan menu makanan mereka pun enak-enak semua, ada ayam ada buah nanas sama pisang. Bikin iri kalo dibandingin sama makanan kita, hahaha tapi gapapa, kan kita masih style adventure sedangkan mereka dah style kantong tebal, jadi naik gunung pun harus kayak bawa hotel kemana-mana.

12.35 kita lanjut ninggalin pos 2 menuju pos 3. Untung nih masih ada kabut, jadi tetep nggak panas. Di trek menuju pos 3 ini mulai sering turun ujan sekali sekali. Tapi nggak deres dan cuma bentar jadi bikin galau mau pake mantol atau nggak. Mungkin kalo pake payung lebih gampang, wkwkw. Jalannya masih sama kayak trek-trek sebelumnya. Agak datar dan padang rumput luas.

Bruuuuusss... Tiba-tiba ujan pun jadi deres banget. Untung aja depan kita udah pos 3 jadi kita langsung neduh di bangunan pos 3 meskipun ya Cuma di emperannya doang soalnya bangunan utamanya dah dipake pendaki lain yang lagi-lagi orang asing. Jam 2 siang kita nyampe di pos 3 inilah dan rencananya mau makan disini tapi kita nggak tahu porter kita posisinya dimana. Yaudah jalan lagi deh naik dan tiba-tiba kita ketemu porter kita lagi di bangunan di atasnya. Yaudah deh langsung aja bapak porter tu masak mi rebus buat ngangetin badan sekaligus ngenyangin perut. Kita nunggu makanan kita matang sekalian sholat dan istirahat sambil liatin pemandangan monyet monyet. Emang disini mulai ada banyak monyet yang suka makan makanan sisa dari para pendaki, tapi untung aja tuh monyet nggak ganggu kita jadi kita santai aja. Temenku ada yang diketawain monyet juga :D

Jam 3 sore, setelah packing barang kita lanjutin jalan lagi ke Plawangan yang merupakan destinasi terakhir kami sebelum muncak sekalian tempat buat ngecamp kami. Di pos 3 ini kita ketemu sama mbak Medina Kamil, tapi Cuma bentar soalnya dia turun sedangkan kita naik, hhe beda sama yang di tipi-tipi kalo diliat :D okey, kita pun mulai meninggalkan pos 3 sekitar jam 15.10. Kita bersama-sama nglewatin tujuh bukit penyesalan yang merupakan trek paling menanjak di rinjani selain trek puncak. Hueeeh, kringet ngucur terus padahal nggak terlalu panas soalnya masih berkabut. Berkali kali kami berenti meneguk air dan melihat ke arah belakang menikmati pemandangan. Untung aja di tujuh bukit penyesalan ini nggak kayak tanjakan cinta di semeru, jadi kalo nengok ke belakang nggakapa apa..

Harapan dapet sunset di Plawangan pun pupus sudah untuk hari itu, kita baru nyampe Plawangan jam 6 sore. Yang keliatan tinggal langit warna oren dan bulan yang mulai bersinar. Kita telat buat nikmatin sunset, tapi aku masih bersyukur bisa smpe Plawangan dengan selamat. Di Plawangan ini kita tercecer, bagaikan anak yang keilangan induknya. Porter kita jauh di belakang, padahal tenda dan peralatan penting kita dibawa Pak porter. Yaudah deh kita cuma bisa nungguin aja smpai pak porter datang padahal anginnya banter dan dinginnya bukan main. Pengen langsung masuk tenda tapi belum datang tenda kita. Pas dah nyampe langsung deh kita bangun tenda kita. Pasang frame, ndiriin tenda, pasang pasak daaaaan langsung masuk ke tenda sementara Pak Suketi (porter kita) masak makanan buat makan malam.

Kita pun tertidur untuk mempersiapkan tenaga untuk summit attack besok pagi. Doeng doeng.. Apesnya kita bangun kesiangan, target awal mulai jalan jam 2 pagi ini malah kita baru bangun jam setengah 4 pagi. Yaudah deh, kita langsung buru-buru packing barang ke tas kecil dan langsung berangkat. Nampak di atas sana rombongan pendaki lain dah naik ke puncak. Senter mereka nampak kayak lampu natal yang jejer jejer banyak banget.

Foto kami dan segara anak

Efek dari buru buru nih, kita belum makan apa apa dan usut punya usut ternyata kita hanya bawa 600ml air, lemonai, montes dan beberapa makanan kecil padahal untuk 7 orang. Yaudahlah, kita tetep aja lanjut jalan terus dan belum ada setengah jalan minuman kita dah abis. Akhirnya kita putuskanlah untuk nyoba minta belas kasihan dan kepedulian dari pendaki lain yang hendak turun. Kita minta sedikit air mereka dan ternyata kita dikasih beberapa botol dari beberapa orang pendaki yang turun. Kita pun nggak kekurangan air. Hehehe mental ngemis :D nggak Cuma minuman yang kita ngemis, makanan pun juga. Kita ngobrol dengan pendaki lain yang sedang turun dan curhat kalo kita tadi kesiangan jadi belum sarapan, dan alhasil kita pun dapet beberapa makanan. Terimakasih sobat pendaki, tanpa bantuan kalian mungkin kita dah mati =))

Jalan terus nglewatin trek pasing yang sangat menanjak. Tanjakan terakhir yang merupakan trek pasing miring. Setiap 6 langkah aku selalu berenti untuk mengambil nafas. Dan Puji Tuhan, akhirnya setelah perjuangan panjang, doa usaha dan bantuan dari semua pihak, sekitar jam 11 siang kita pendaki dari SMAN 8 Yogyakarta berhasil menginjakkan kaki kami di Puncak Tertinggi Gunung Rinjani 3726mdpl. Rasa lelah yang terkumpul di badan seolah terbang begitu saja begitu nyampe di puncak, berganti dengan rasa syukur dan takjub akan pemandangan sekitar puncak gunung. Sepanjang mata memandang nampak hamparan pesisir pulau Lombok. Dan jika kita berputar 360 derajat kita akan melihat seluruh batas batas laut Pulau Lombok. Puji Tuhan.. Segeralah kita foto-foto dengan berbagai pose. Seolah olah rasa malu narsis hilang begitu aja pas dipuncak ini. Hahaha PUNCAAAAAK 3726mdpl!

Okey langsung aja ya, kita turun sekitar jam 12an siang.. Lari nih soalnya keburu laper, dan jam 3 pun kita dah nyampe ke camp kita. Kalo dibandingin sekitar 7 berbanding 2 jam -_- Kita pun makan dan bersiap pindah camp ke Segara Anak, yeayyy!

No comments:

Post a Comment