youtube

Saturday, August 16, 2014

Pentingnya PPSMB UGM 2014



Sebelumnya, aku mau perkenalin diriku dulu yaa.. Namaku Damasus Riko Prijono biasa dipanggil Sus atau Riko hhehehe aku dari jurusan teknik fisika, dengan prodi teknik nuklir. Kenapa aku milih teknik nuklir? Penjelasannya lain kali aja di tulisan selanjutnya~

Di masa peralihan dari siswa menjadi mahasiswa tentunya terdapat perbedaan dalam menjalani kegiatan akademiknya. Dikala masih menjabat status sebagai siswa, kegiatan akademik masih sangat tergantung dari kebijakan sekolah. Tetapi ketika telah menjadi seorang mahasiswa, ia harus bisa menentukan kebijakan yang akan ia ambil untuk menjalani kegiatan kampus.

Nah, untuk mempersiapkan transisi dari siswa ke mahasiswa tersebut, Universitas Gadjah Mada tiap tahun akademik baru mengadakan kegiatan yang dinamakan PPSMB. Apa itu PPSMB dan apa pentingnya kegiatan tersebut?

PPSMB adalah singkatan dari Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru. Dan seperti yang dijelaskan dari kepanjangannya, kegiatan ini merupakan kegiatan melatih mahasiswa baru dalam menjalani kehidupan kampus Universitas Gadjah Mada kelak agar menjadi seorang yang sukses. Berlangsung selama tujuh hari yang terdiri dari 2hari PPSMB Universitas, 2hari PPSMB Fakultas 2hari pelatihan softskills, dan 1hari penutupan.

Kegiatan PPSMB ini sangat penting, sebab kegiatan semacam ini mampu memberikan bekal bagi mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan kampus yang berbeda dengan kegiatan di tingkat sekolah sebelumnya sehingga mahasiswa baru tidak kaget ketika memasuki kegiatan kuliah. Kegiatan ini juga meningkatkan kedisiplinan mahasiswa, mahasiswa dilatih untuk semakin menghargai waktu dan menaati aturan. Bentakan dari senior sebenarnya merupakan latihan bagi kita untuk lebih disiplin dan cekatan dalam mengerjakan suatu tugas.

Keuntungan lain dari pentingnya kegiatan PPSMB kita bisa dapet teman banyak, kenalan dengan mahasiswa baru dari seantero nusantara.


No comments:

Post a Comment